Selasa, 08 April 2014

SURAH ASY SYARH



METODE BERMAIN MATA PELAJARAN PAI
SURAH ASY SYARH
OLEH DARMAIYAH, S.Ag
GURU AGAMA SMPN 1 ENOK

Metode mengajar yang diterapkan dalam suatu pengajaran di kata efektif, bila menghasilkan sesuatu sesuai dengan apa yang kita harapkan, untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru dituntut kreaktifitasnya dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreaktif, efektif dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode bermain.
Metode bermain merupakan aktifitas yang didasarkan pada perolehan kesenangan dan kepuasan, hal  ini sesuai dengan fungsi bermain yaitu untuk relaksasi dan menyegarkan kondisi fisik dan mental yang berada di ambang ketegangan
Salah satu contoh metode bermain yang bisa diterapkan pada mata pelajaran Agama Islam kelas IX, pokok bahasan surah  ASY SYARH

BAHAN YANG DIPERLUKAN
1.      Spidol 6 buah warna warni
2.      Kertas kartun
3.      Gunting
4.      Al qur,an terjemah

CARA
1.      Bagi peserta didi kmenjadi 2 kelompok besar, beri nama kelompok ayat dan kelompok arti.
2.      Berikan 3 spidol, kertas kartun dan gunting pada ke 2 kelompok
3.      Berikan tugas, kelompok ayat menulis potongan-potongan ayat,kemudian  kelompok arti menuliskan arti harfiah , diatas kartun yang sudah dipotong-potong.
4.      Tegaskan kepada siswa, bahwa potongan ayat yang ditulisnya diwajibkan tahu arti harfahnya,  dan siswa yang menulis arti harfiah  wajib tahu potongan ayatnya.
5.      Kumpulkan potongan ayat dan arti  yang ditulis siswa kedalam suatu wadah dan acak.
6.      Untuk memulai permainan, bisa dengan permainan presiden atau hitungan kelipatan, siswa yang salah dalam  permaianan, maju kedepan.
7.      Jika siswa yang maju kelompok ayat, maka tugasnya mencari arti harfiah dari ayat yang ditulisnya, gunakan music untuk waktu permainan, jika music mati, maka berakhir pencarian, siswa yang betul mencari tugasnya maka kelompoknya mendapat poin 100, jika salah kelompoknya mendapat poin 0. Setelah selesai potongan kartun dikembalikan kewadahnya, siswa duduk kembali dan ikut bermain, dengan catatan apabila dia salah lagi dalam bemain diberikan hukuman.
8.      Diakhir permainan jumlahkan semua nilai, kelompok yang terbanyak nilainya di berikan penghargaan.

Selamat mencoba,,….insya Allah peserta didik anda akan lebih semangat untuk belajar dengan anda. Untuk tatap muka berikutnya suruh peserta didik anda menghafal potongan ayat beserta arti mufradatnya dan adakan permainan dengan menggunakan potongan ayat dan potongan terjemahan k siapkan busa dan paku untuk menempel ayat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar