METODE BERMAIN MATA PELAJARAN PAI
SURAH ASY SYARH
OLEH DARMAIYAH, S.Ag
GURU AGAMA SMPN 1 ENOK
Metode mengajar yang diterapkan
dalam suatu pengajaran di kata efektif, bila menghasilkan sesuatu sesuai dengan
apa yang kita harapkan, untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru dituntut
kreaktifitasnya dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreaktif,
efektif dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode
bermain.
Metode bermain merupakan aktifitas
yang didasarkan pada perolehan kesenangan dan kepuasan, hal ini sesuai dengan fungsi bermain yaitu untuk
relaksasi dan menyegarkan kondisi fisik dan mental yang berada di ambang
ketegangan
Salah satu contoh metode bermain
yang bisa diterapkan pada mata pelajaran Agama Islam kelas IX, pokok bahasan
surah ASY SYARH
BAHAN YANG DIPERLUKAN
1.
Spidol 6 buah warna warni
2.
Kertas kartun
3.
Gunting
4.
Al qur,an terjemah
CARA
1.
Bagi peserta didi kmenjadi 2
kelompok besar, beri nama kelompok ayat dan kelompok arti.
2.
Berikan 3 spidol, kertas kartun dan
gunting pada ke 2 kelompok
3.
Berikan tugas, kelompok ayat menulis
potongan-potongan ayat,kemudian kelompok
arti menuliskan arti harfiah , diatas kartun yang sudah dipotong-potong.
4.
Tegaskan kepada siswa, bahwa
potongan ayat yang ditulisnya diwajibkan tahu arti harfahnya, dan siswa yang menulis arti harfiah wajib tahu potongan ayatnya.
5.
Kumpulkan potongan ayat dan arti yang ditulis siswa kedalam suatu wadah dan
acak.
6.
Untuk memulai permainan, bisa dengan
permainan presiden atau hitungan kelipatan, siswa yang salah dalam permaianan, maju kedepan.
7.
Jika siswa yang maju kelompok ayat,
maka tugasnya mencari arti harfiah dari ayat yang ditulisnya, gunakan music
untuk waktu permainan, jika music mati, maka berakhir pencarian, siswa yang
betul mencari tugasnya maka kelompoknya mendapat poin 100, jika salah
kelompoknya mendapat poin 0. Setelah selesai potongan kartun dikembalikan
kewadahnya, siswa duduk kembali dan ikut bermain, dengan catatan apabila dia
salah lagi dalam bemain diberikan hukuman.
8.
Diakhir permainan jumlahkan semua
nilai, kelompok yang terbanyak nilainya di berikan penghargaan.
Selamat
mencoba,,….insya Allah peserta didik anda akan lebih semangat untuk belajar
dengan anda. Untuk tatap muka berikutnya suruh peserta didik anda menghafal
potongan ayat beserta arti mufradatnya dan adakan permainan dengan menggunakan
potongan ayat dan potongan terjemahan k siapkan busa dan paku untuk menempel
ayat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar